Pustaka dan teman

Pustaka Dan Teman

Pustaka dan teman - Pada umumnya kita membaca buku cerita atau dongeng di perpustakaan atau toko buku. buku yang tersedia pastinya sangat banyak. terdapat buku cerita rakyat seperti danau toba dan buku pelajaran yang sangat bermanfaat bagi para pembaca semua. saya mempunyai cerita saat sedang di perpustakaan.

               Aku punya pengalaman bersama sebuah tempat yaitu, perpustakaan. Perpustakaan-perpustakaan yang aku kunjungi dari dulu waktu ku masih duduk di bangku SD sampai saat ini aku telah duduk di bangku kelas 1 SMA,,,
                 Dulu waktu aku masih duduk di  bangku Sekolah Dasar di SD NEGERI 4 MAJENE, aku sering sekali mengunjungi perpustakaan. Aku biasanya ke perpusatakaan bersama teman-temankuu untuk mengisi waktu istirahat ataupun hanya mengisi waktu saat guru tidak masuk dalam kelasku. Aku hanya ingat, saat duduk di kelas tiga, siswa-siswi diperintahkan oleh guru untuk meminjam salah satu buku paket di perpustakaan sekolah. Namun karena pada waktu itu ada saudara sepupuku di kelas empat yang memiliki buku tersebut dan meminjamkan buku tersebut kepadaku, maka tak perlulah aku untuk memimnjam buku di perpustakaan sekolah . Pada saat itu, Jarang sekali guru meminta kami untuk mencari bahan pelajaran di perpustakaan sekolah malahan  Guru lebih sering merangkum buku-buku itu, lalu mendiktekannya kepada kami. Mungkin kemanjaan itulah yang membuatku dan teman-temanku terlupa tentang keberadaan perpustakaan sekolah yang memiliki banyak buku tentang pelajaran yang selalu kami pelajari.
Berbeda dengan saat aku duduk di Sekolah Menengah Pertama di SMP NEGERI 3 MAJENE.  Aku amat sangat sering mengunjungi perpustakaan.waktu aku masih duduk di bangku kelas 1 smp  aku sangat senang berkunjung ke perpustakann apalagi waktu itu aku masuk siang ke sekolah, waktu itu belum banyak teman-teman yang ku kenal, ada sih tapi sayangnyaa aku tidak satu kelas dengan teman-temanku itu, pada saat itu perpustakaan adalah salah satu tempat favoritku selain kantin heheheh,, karena selain mengisi waktu istirahat,,disana juga  banyak menyimpan buku-buku cerita ataupun buku-buku pelajaran yang sangat bagus untuk dibaca.saat itu  Setiap jam istirahat sekolah, perpustakaan selalu ramai oleh siswa-siswi. Biasanya, perpustakaan harus dalam keadaan hening, agar fokus membaca.  Namun, perpustakaan SMP-ku, beda. Suasananya selalu berisik. Lebih banyak siswa yang mengobrol daripada membaca ataupun menonton. Buku yang mereka ambil dari salah satu rak, tergeletak begitu saja di atas meja mereka tidak mengembalikannya pa tempatnya,
Saat naik ke kelas 2 smp,, disini aku mulai berinteraksi dengan teman-teman baru ku di kelas 8A
Karena di kelasku yang baru ini sudah di tampung dengan siswa-siswi yang memiliki kepintaran di atas rata-rata, aku sangat semangat untuk belajar. Hal yang paling ku ingat pada waktu itu adalah saat guru bahasa inggris kami memeberikan tugas tentang bagaimana membuat sesuatu “HOW TO MAKE SOMETHING”  kami pun dibagi menjadi 2 kelompok.yahh aku,Lisa,Ilmi,Ayhu,Ikka,Icha,Nurma,Ummi,Fursan dan Fidel adalah kelompok pertama,,
Dan Lisa pun menjadi ketua kelompok. Itu juga karena persetujuan dari kami semua.
 Pada jam istirahatpun tiba lisa mengajak kami untuk membicarakn apa yang akan kita buat pada pertemuan selanjutnya,,,,
Hasil gambar untuk gambar pustaka
“ teman – teman ke perpustakaan yukkkk !!!!” kata lisa selak ketua kelompok kami
  Fidel menanggapi perkataan dari lisa “ kita mau ngapain di perpustakaan ??? “
“ ihhhh fidelll begooo kita mau membahas tentang tugas bahasa inggris ituuuu “ ilmi melanjutkan perkataan lisa,,
Dengan nada semangat Akupun mengatakan“ yahhh sudah ayooo kita ke perpustakaan biar fidel saja yang memanggil teman- teman kita yang lain untuk ke perpustakaan “
Dengan nada sedikit malas fidel pun pergi mencari teman-eman yang lain untuk di suruh ke perpustakaan,,,
Aku,Ilmi dan Lisa pun segera menuju ke perpustakaan,,,
Saat kami tiba di perpustakaan terlihat di sini sangat sunyi pengungjung,,, ada sihh tapi hanya beberapa orang itupun mereka tidak mengerjakan tugas semua melainkan ada yang hanya menonton,berbicara bahkan tertidur,,, hahahahah,,,
Lalu kami pun duduk di salah satu meja yang cukup besar,, sengaja kami duduk distu karena sebentar tema-teman aku masuk ke dalam ruanagan,,,,
“ heyyyy mana sihh teman- teman kitaaa kok lama banget sihhh...??? “ kataa lisa dengan nada pelan
Akupun menanggapi perkataan Lisa“sabarr sebentar juga datang kok!!! “
“‘ituuu semuanya suda datang” ilmi berkata sambil menunjuk ke arah tean-teman yang sedang jalan menuju perpustakaan,,,
“ Heyyy teman- teman kalian duduk disini semuaaaa” kata lisa..
 “ iyyaaa dechhhh “ semua bersorak
Saat teman-teman sudah berkumpul di dalam perpustakaan kami pun memulai rapat kecil-kecilan yang akan membahas tentang tugas yang diberikan oleh ibu guru.
Lisa pun memulai membahasa tentang tugas yang akan kami kerjakan.
“ teman-teman kalian punya ide tidakk..?? apa yang baik untuk kita buat dalam tugas ini???
Aku,ikka,Ayhu,Nurma dan Ummi bercakap-cakap di tempat duduk untuk membahas apa yang bagus untuk kita buat,,,, dan akhirnya kami mendapat ide untuk membuat es Melon,,,
 Ikka pun mengusulkan ide kami “ teman – tmana bagaimana kalau tugas ini kita buat es melon saja?? Ituu sih menurut aku,Adhe,Ayhu,Ikka,Nurma daN ummi itupun kalau kalian setuju”
Lisa lalu menanggapi usulan dari kami “ yah bagus sih usulan kalian tapi kita dengar dulu usulan dari teman-teman yang lain”
Ilmi,Fidel dan fursan pun mengajukan tangan dan  berkata “ sebenarnya kami tidak setuju dengan hal itu tapi karena takutnya nanti kami lapar semua dan kehausan jadinya  kami setuju dechh dengan usulah mereka,,, hehehehe “
Sekejap kami semuapun tertawa dengan perkataan Ilmi,Fidel dan Fursan...
“ahh memang dasar kau itu bertiga sukanya makan saja “ ummi berkata dengan nada meledek,,,
Lisapun melanjutkan pembahasan kamiii “ yahh teman- teman kita sudah mendapatakan ide sekrang kita tinggal membagi apa-apa saja yang harus kita persiapkan dan dimana kita akan memngerjakannya”
Fidel mengangapi perkataan lisa” yah sudah kamu langsung bagi saja mumpung kita semua lagi berkumpul disini,,, apalagi waktu istirahat tinggal 20 menit lagi”
Dengan mengambil pulpen dan kertas lisa pun lalu membagi hal-hal apa saja yang mau kami persiapkan.
“Yahh teman-teman aku sudah membagi hal-hal apa saja yang harus kalian persiapkan”
dengan nada kesal fidel dan fursan pun menanggai perkataan lisa “Yahh sudahhh  langsung saja bacakan”
“adhe,ikka,ayhu, nurma dan fursan kalian mempersiapkan perlengkapan apa saja yang kita akan pakai,,
Saya,ilmi ,ummi dan fidel akan mempersiapakn bahan-bahan yang kita akan pakai nanti dan kita akan mengerjakan itu semua di rumah saya”
Kami pun semua besorak mengatakan “ IYAAA kita smua setuju”
Saat bel berbunyii  kam semua kembali masuk ke kelas,,


Malam harinya sebelum hari yang kami tunggu-tunggu tiba,,,
Kami semua sibuk memnegerjakan es melon yang akan kami bawa besok ke sekolah,,,
Kami sibuk memarut melon-melon yang akan kami bawa besokkk,,,
Disini keseruan kembali hadir di saat kita kumpul-kumpul bersama disaat kami semua istirahat kami kecapean dari pagi sibuk terus fidel pn mengambil itar dan kami semuapun mulai bernyanyiii
Dan lucunyaa fursan terjatuh dari kursinyaaa kamipun menertawakannyaaa,,
Hahahahahah,,,,,

Keesokan harinya waktu yang kami tunggu-tunggupu tiba,,,
Sebelum ibu guru memasuki kelaskuuu, aku dan teman-temanku kembali sibuk mengambil perlengkapan dan bahan-bahan yang akan kami gunakan ke sekolah,,,

Bel sekolahpun berbunyi itu pertanda ibu guru akan memasuki kelas kamiii, untung saja kami telah siap untuk mempersentasekan es melon yang telah kami buat,
Saat ibu guru mencicipi es melon yang kami buat, kami semua tidak sabar menunggu tanggapan dari ibu guru apakh es melon yang kami buat enak atau tidak,,!!!
Dan akhirnya ibu gurupun menanggapinyaa “kelompok 1 es melon yang kalian buat TIDAK!!!”
 Tiba-tiba fidel dan fursan memotong  pembicaraan ibu guru “ tidak apa bu guru??? pastii ibu ingin mengatakan kalau es melon buatan kami tidak enak “
Kamipun semua sedih,, namun ibi guru tiba-tiba melanjutkan pembicaraannya “ maksud ibu TIDAK pantas ibu untuk mengatakan tidak enak karena es melon yang kalian buat ini sangat enak!!!”
Kamii pun semua tertawa dan bangga mendengar perkataan ibu guru,,

Dan saat aku duduk di kelas 3 smp aku juga selalu berkunjung keperpustakaan mengingat sebetar lagi  aku dan teman-teman  akan mengahadapi UJIAN NASIONAL,,
 Jadiinyaa aku selalu  ke perpustakaan untuk meminjam buku-buku yang bersangkutan dengan ujian nasional bahkan aku sering memnijam buku-buku yang di dalamnya memiliki contoh soal-soal Ujian nasional sebelumnya, aku juga pernah memesan buku yang khusus membahastentang soal-soal ujian nasional,,,

Keceriaan dan keseruan kembali mewarnai persahabatan yang telah terjalin di kelas  kami,,,
Ada beberapa hal lucu yang masih k inga samapai saat iniii,,
Yaituu pada hari jum’at saat itu kegeiatan rutin di seklah kami yaitu anak kelas 8 melaksanakan senam dan anak kelas 9 membersihkan kelasnya masing-masing,
Aku dan teman-temanku pun membersihak kelas dengan semangat yang  membara hahahha...
Kami membagi tugas ada yang memebersihkan di dalam kelas,ada yan memebrsihkan di luar kelas dan ada juga memebersihkan taman yang ada di depan kelas kami,,,
Dan aku,Mitha,Rani dan husniar  mendapat tugas untuk menyiram tanaman-tanaman yang ada di taman depan kelasku,,,

Akupun mengajak mereka untuk ke belakang ruang laboratorium untuk mengambil air,,,
Dan keseruan pun di mulai saat menyiram tanaman-tanaman ituu kami salaing menciprati air satu sama lainn hahahahha,,
Setelah menyirami tanaman-tanaman ituu,
Kamii kembali mengepel di depan kelas bersama teman-teman yang lainnyaaa,,
Kelucuan kembali hadir saat kami mengepel karena fidel,afdal dan fursan membuat suasana semakin asyik mereka mengambil kain pel dan sapu lalu mereka bernyanyi ala-ala band (hahahah)
dan saat lantai depan kelas kami sudah kami pel kami duduk di pinggir lantai dan saat itu hal lucu mulai terjadi kembali teman-teman dari kelas lain selalu lalulalang di depan kami dan ada juga orang-orang yang tidak sengaja menginjak lantai yang telah kami bersihkan itu,,,
lalu kam pun menjaga lanta ituu setiap ada orang-orangyanglewat kami selalu menegur mereka dan menyuruh mereka untuk tidak berjalan di lantai yang telah kami bersihkan itu,,,
bahakan karena kaget kami tegur ada beberapa orang yang terjatuh karena serius berjalan dan lalau kami tegur.
Saat jam pelajaran masuk,, kami terpakasa belajar di dalam perpustakaan karena kelas kami belum kering lantainyaa,,,
Maka ibu guru menyuruh kami untuk belajara di perpustakaan,,,
Saat kami ke perpustakaan di ana sedang ada orang yang tidur karena dia bolos tidak mau membersikan kelasnya,
Di perpustakaan kami di suruh ibu guru untuk mengerjakan soal-soal matematika yang ada di buku,,,

Hal yang tidak aku lupa saat aku masih duduk di bangku smp adalah saat menunggu detik-detik pengumuman pelulusan,,,
Untuk menunggu kami berinisiatif untuk mengadakan pentas kecil-kecilan di depan perpustakaan,,
Kami dari kelas 3 menampilkan persebahan kami untuk yang terakhir kalinya,,
Akupun tidak sabar menunggu hasil pelulusan dan aku masuk ke dalam perpustakaan bersama teman-temanku untuk sekedar membaca buku dan mendengar  teman-teman yang lain tampil,,,
Dan saat yang ku utnggu tiba ternyata kami dinyatakan lulus 100% kami lalu sujud syukur bersama
teman-teman dan gurur-guru di depan perpustakan, lalu setelah itu kami menandatangani kain putuih yang ada di depan perpustakaan sebagai tanda bahwa kami telah lulus SMP untuk mengungkapkan kebahagiaan kami semuaaa kami membawa kain putih yang  telah di tandatangani oleh semua siswa kelas 9 dan berjalan memutari stadion yang ada di depan sekolah kami.

Setelah lulus dari smp, akupun mulai mendaftar ke salah satu sekolah bersama teman-temanku  yaitu SMA NEGERI 1 MAJENE dan sampai saat ini aku duduk di kelas X1.

Sejak SMA akupun mulai jarang berkunjung ke perpustakaan, aku tidak tahu kenapa hal itu mulai terjadi kepadaku padahal bila di ingat waktu ku masih duduk di bangku SD dan SMP aku sering sekali meluangkan waktu ku untuk  ke perpusatakaan,, tapi sekarang sudah bedaaa,

Yah kalau akau mau ke perpustakaan itu juga karena mau kerja tugas dari ibu atapun baapak guru yang sedang mengajar di kelasku ataupun untuk meminjam buku pelajaran saja.

Memang sih suasana perpustakaan ku sekarang ini sangat beda dengan suasana perpustakaan ku waktuku masih dududk di bangku SMP,, bedanya perpustakaan yang ada di sekolaha ku saat ini bisa di bilang sepi pengunjung,, mungkin hal itu juga salah satu alasan yang membuatku jarang untuk berkunjung ke perpustakaan itu,apalagi letak perpustakaan bersampingan dengan kanti sekolah aroma gorengn-gorenga yang sedang di goreng oleh penjaga kantin membuat siswa biasanya enggan untuk berkunjung ke perpustakaan, sisiwa biasanya hanya meewati perpustakaan untuk ke kantin heheheh dan juga perpustakaan sekola ku ini bisa di bilang kurang luas sangat berbeda dengan perpustakaan yang ada di SMP-ku dulu,,
Hasil gambar untuk gambar pustaka

Bisa di bilang sejak duduk di bangku SMA iniii bisa di hitung berapakali aku berkunjung ke perpustakaan,,
Bila ada tugas dari ibu guru yang biasanya aku lebih senang menegerjakannya di ruangan kelasku di bandingkan harus ke perpustakaan.bahkan untuk mencari bahan pelajaran, bisa d bilang aku sangat malas harus ke perpustakaan malahan aku sering browsing internet untuk mencari tugas-tugas ataupun bahan pelajaran yan ku inginkan,,

Zaman sekarang sudah modern, dengan hadirnya laptop dan  internet aku bisa lebih cepat mencari bahan pelajaran yang aku inginkan ataupun mengerjakan tugas-tugasku , bukan Cuma aku sihh kebanyakan siswa-siswi juga begitu, mereka lebih memilih browsing di internet dari pada harus mencari buku di perpustakaan  dan  membaca beberapa buku itu.

kunjungi juga cerita rakyat indonesia yang masih di percaya sampai saat ini oleh para masyarakat asalnya.dan bagi para pembaca yang membutuhkan jasa pengiriman barang dapat mengunjungi Jasa pengiriman Pekanbaru

0 Comment "Pustaka dan teman"

Posting Komentar

Thank you for your comments